Ikuti Blog Saya
Dapatkan konten baru tentang cara pengembangan bisnis agar berskala nasional bahkan multinasional.
MEMBUAT IDE PRODUK ATAU BISNIS
Yang diperlukan sebelum membuat ide bisnis adalah jiwa kewirausahaan. Jiwa kewirausahaan adalah suatu karakter yg mandiri, kreatif, inovatif, mengahadapi tantangan dg ilmu, ketekunan dan keuletan.
Biasanya suatu bisnis yg sukses adalah tepat dalam memilih suatu ide bisnis. Ide bisnis bisa berasal dari : hoby, ilmu yg dipelajari, pengalaman usaha selama ini yg telah dijalani walaupun kecil2an. Dari sekian sumber ide yg bakal sukses umumnya berasal dari hoby plus dikuasai ilmu bisnisnya plus mudah akses bahan bakunya.
Membuat suatu ide bisnis atau produk biasanya kalau dahulu dengan studi kelayakan, tapi saat ini hanya perlu dengan ilmu bmc (business model canvas), yaitu suatu analisis cepat yang dituangkan atau dilakukan di atas kanvas atau papan tulis yang menganalisis tentang 9 hal pokok bahasan agar ide produk kita bisa diterima oleh calon customer..
Kenapa kita tidak memakai kelayakan usaha spt dulu saat membuat suatu bisnis? Karena dengan memakai studi kelayakan akan memakan waktu yg lama, shg kita tertinggal dengan kondisi saat ini yg serba cepat berubah. Kalau semua data cepat berubah, maka semua asumsi kita akan kadaluwarsa dan ditolak oleh calon customer. Untuk itu kita perlu tindakan cepat dalam memutuskan suatu ide bisnis yg baru yaitu dengan memakai ilmu BMC tadi agar data-data asumsi tetap valid dan bisa diterima oleh calon customer .
Gambar bmc
BMC itu meliputi 9 hal bahasan sbb :
1. Customer segmen, yaitu menentukan siapa segmen pasar kita apakan tunggal atau banyak segmen
2. Value proposation, yaitu bagaimana keunggulan produk kita dibandingkan dengan produk pesaing?
3. Channel, yaitu chanel pemasaran kita bisa direct atau indirect selling
4. Customer relationship, yaitu bagaimana kita membina hubungan dg customer kita agar penjualan meningkat, bisa dg kartu langganan, kartu diskon, dll
5. Revenue stream, yaitu pendapatan penjualan kita dari jualan apa saja, harganya, volumenya dan labanya
6. Key activity, yaitu kegiatan produksi sampai pemasaran kita seperti apa?
7. Key resources, yaitu sumber daya apa saja yg kita perlukan untuk memproduksi usaha kita?
8. Key partnership, yaitu di hulu ada supplier, ditengah ada mitra, di hilir ada distributor, dll
9. Cost structure, yaitu biaya produksi, overhet cost, dll
Semua hal tsb dibahas dengan singkat dan cepat, shg kita bisa putuskan ide produk dalam waktu cepat, shg semua asumsi kita tetap valid. Namun sebelum kita mulai memproduksi ide produk kita tersebut secara masal, maka kita perlu melakukan validasi produk kita dengan cara kita membuat beberapa sampel produk lalu kita bagikan kepada calon customer, lalu kita minta responnya. Jika responnya baik berarti produk kita sudah tepat. Tapi jika responnya negatip, berarti produk kita belum memenuhi keinginan customer, sehingga perlu dilakukan perubahan terhadap asumsi-asumsi BMC tersebut sampai produk kita bisa dapatkan respon yang positip dari calon customer. Yang berarti produk kita dapat diterima oleh customer kita nantinya di pasar.
Membuat Ide Bisnis
Setelah memperoleh respon.positip dan dapat diterima oleh customer, maka selanjutnya kita tindak lanjuti dengan membuat studi kelayakannya. Selagi kita menyiapkan studi kelayakan yang biasanya memakan waktu yang cukup lama, maka kita bisa memproduksi dan melakukan penjualan produk kita tersebut secara kecil-kecilan. Nah untuk mengembangkan produk kita menjadi lebih besar, maka perlu kita studi kelayakan dengan β¦ Lanjutkan membaca
Ok kita sambung lagi tentang studi kelayakan bisnis.
Jadi membuat studi kelayakan bisnis itu dilakukan setelah kita yakin bahwa produk kita tsb diatas sdh tervalidasi artinya bisa diterima khalayak ramai. Nah fungsi studi kelayakan atau disebut juga fs (feasibility study) adalah dalam rangka untuk mengembangkan bisnis kita menjadi lebih luas jangkauan pemasarannya hingga nasional bahkan global dunia.
Biasanya format fs ini meliputi bbrp hal sbb :
- Kata pengantar
- Executive summary
- Pendahuluan : latar blkg, tujuan fs
- Pembahasan isi fs yg membahas tentang aspek2 : pemasaran, teknis produksi, manajemen pengelola bisnis, legalitas dan perijinan usaha, keuangan, sosial dan lingkungan
- Kesimpulan yg menyatakan apakah bisnis kita layak utk dikembangkan dg indikator : irr>bunga bank, npv positip, b/c ratio>1.
- Dengan layaknya bisnis kita tsb, maka akan ada pemodal yg akan berminat ngajak kerjasama. Ok
- Demikian pembahasan kita sampai jumpa di topik bisnis selanjutnya. Terimaksih dan mohon sarannya dikotak komentar di bawah
Contoh ke 1 BMC sebagai berikut
Contoh ke 2 BMC https://drive.google.com/file/d/1CHpWMToWzdVHb4KiCHYBkdvJZpqw0QCO/view?usp=drivesdk
1.https://www.minings.live/#/extendReg?id=82787799
4.https://egawork.com/?r=6117253fc9a91b52c15410d2
5.https://hasanullah.ihub.global/ihubregister
6.Saya mengirimi anda nambang gratis crypto coin 1Ο! Pi adalah mata uang digital baru yang dikembangkan oleh Stanford PhD, dengan lebih dari 23 juta anggota di seluruh dunia. Untuk mengklaim Pi Anda, ikuti tautan ini https://minepi.com/hasanullahsaleh dan gunakan nama pengguna saya (hasanullahsaleh) sebagai kode undangan Anda.
7.Temukan TTcoin, cryptocurrency masa depan. Bergabunglah dengan teman Anda sekarang Gratis
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ttcoin.tc&referrer=YTXbDWQQk1SQK1NmAen5RKqeB8Y2
8.Nambang bitcoin free klik https://btcfree.win/?r=3405886
9.https://bitpax.co/?ref=P4512970&pos=right
Jual kue dan makanan rendah kalori, rendah gula dan sehat serta murah meriah sbb :
Beli obat online 100% original,murah dan gratis ongkir sbb:
Jual : fashion, peralatan rt, kesehatan, herbal, edukasi anak, dll sbb :
Produk Amway ternyata lebih murah atau irit dari produk kompetitor klik disini